Seorang pelari menemukan ide cemerlang untuk menaikkan penghasilannya dari kebaikan sponsornya, Daripada meminta langsung sejumlah uang tertentu kepada sponsornya, katakan 3 pence (Pence = mata uang Inggris, 1 Pound = 100 pence) untuk setiap mil yang sudah ditempuh dalam suatu lari marathon (26 mil),. Ia membujuk sponsornya dengan mengatakan bahwa dalam setiap mil yang ditempuhnya makin lama makin terasa berat untuk berlari karena itu dia akan senang sekali bila ia hanya menerima 1 pence pada mil pertama, 2 pence pada mil kedua, 4 pence pada mil ketiga dan seterusnya, jadi terdapat penggandaan dana dari sponsor untuk setiap mil berikutnya sampai mil terakhir.

Alasan ini terdengar masuk akal tetapi bila sipelari menyelesaikan marathon dan datang kepada sponsornya untuk meminta bagiannya maka sang sponsor dapat langsung pingsan. Mengapa?

Jawaban

Setiap sponsor harus menyetujui untuk membayar

( 1 + 2 + 4 + 8 + 16 + ……… + 2clip_image002 ) pence.

Jumlah deret ini adalah 2clip_image004- 1 = 67108863 pence yang sama dengan 671089 pound atau ekuivalen dengan 25811 pound untuk lari setiap mil. Harapan kita adalah setiap orang mensponsori pelari khusus ini adalah seorang milyader. ( £1 = 100 pence ).

 

Selamat menikmati!

0 komentar: